Definisi Pelabuhan dan Dermaga

definisi-pelabuhan-dan-dermaga

definisi-pelabuhan-dan-dermaga

Definisi Pelabuhan

Banyak dari kita sering mendengar kata pelabuhan, namun tahukah sobat definisi apa itu pelabuhan? Pelabuhan adalah sebuah pintu gerbang untuk masuk dan keluar di suatu wilayah pada daerah pantai dan pelabuhan merupakan juga infrastruktur penghubung antar pulau satu dengan pulau lainnya, negara satu dengan negara lainnya.

Saat membangun pelabuhan tim pelaksananya harus bisa mempertanggungjawabkan secara teknis maupun ekonomis. Selain sebagai gerbang penghubung antar daerah, pelabuhan dibangun untuk keperluan pangkalan laut atau pelabuhan militer sebagai bentuk pertahanan atau tegaknya suatu Negara.

Arti Penting Pelabuhan

Karena Indonesia merupakan Negara maritime dengan 70 % wilayahnya adalah lautan maka pelabuhan sangat penting bagi kehidupan dibidang social, ekonomi, transportasi, pertahanan dan keamanan dan masih banyak lagi.

Pelabuhan juga penting bagi kehidupan kita terutama dalam bidang pelayaran khususnya pelayaran niaga karena pelabuhan merupakan tempat keluar masuknya barang dagangan antar pulau dan Negara berupa pertanian, kehutanan dan banyak dagangan lainnya.

Di pelabuhan jugalah tempat bersandarnya kapal kapal besar setelah berlayar dari suatu Negara ke Negara lain atau dari satu daerah ke daerah lain.

Karena pelabuhan merupakan daerah yang harus tenang dari gelombang maka di pelabuhan harus terdapat fasilitas berupa pemecah ombak/gelombang, dermaga apung yang kini dibuat menggunakan kubus apung HDPE untuk naik turun penumpang sehingga posisi kapal dan dermaga selalu terjaga, alat tambatan kapal, peralatan bongkar muat barang seperti crane, gudang tempat penyimpanan barang, lapangan luas utk menimbun barang, ruang perkantoran, ruang tunggu bagi penumpang, perlengkapan pengisian bahan bakar minyak dan tersedianya air bersih.

Definisi Dermaga

Merupakan bangunan yang dibangun disuatu pelabuhan yang berfungsi untuk menambatkan serta bongkar muat barang maupun penumpang. Selain tempat untuk bongkar muat barang dan penumpang Dermaga Apung juga berfungsi sebagai tempat untuk mengisi bahan bakar untuk kapal kapal yang bersandar disana. Selain bahan bakar dermaga juga digunakan sebagai tempat pengisian air minum dan bongkar air kotor.

dermaga-apung

Jenis jenis dermaga

Dermaga barang umum

yaitu sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal.

Dermaga khusus

yaitu sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang khusus, contoh : bahan bakar minyak, air minum, kotoran,dll.

Dermaga peti kemas

yaitu sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang peti kemas dan dilengkapi dengan alat khusus seperti crane dan alat angkat lainnya.

Dermaga curah

yaitu sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang curah yang dipindahkan menggunakan conveyer berjalan atau ban berjalan.

Dermaga kapal ikan

yaitu sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang barang nelayan atau kapal ikan.

Dermaga marina

yaitu sebagai tempat kegiatan bongkar muat barang untuk kapal speed boat atau kapal pesiar.

Semoga tulisan kami mengenai Definisi Pelabuhan dan Dermaga ini bisa mencerahkan kita semua sebagai warga Negara Indonesia dengan kondisi sebagai Negara maritime dan bermanfaat untuk sobat semua.