Tips Woodworking Untuk Outdoor Furniture

Tips Woodworking Untuk Outdoor Furniture

                                                               Tips Woodworking Untuk Outdoor Furniture

Membuat perkakas dari kayu bukan suatu hal yang mudah, diperlukan pengetahuan yang cukup luas mengenai jenis-jenis, karakteristik dan kegunaan kayu itu sendiri. Proyek yang berbeda tentunya akan membutuhkan berbagai jenis kayu. Jika Anda tidak yakin bagaimana jenis kayu akan merespons rencana proyek Anda, maka Anda harus meneliti kayu sebelum Anda mulai. Seperti halnya Anda membuat outdoor furniture dan indoor furniture yang harus banar benar mengetahui ketahanan kayu yang akan Anda gunakan. Lantas tips apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat furniture?

Utamakan keselamatan kerja

Selalu mengutamakan keselamatan Anda saat menggunakan alat, noda, dan cat. Semakin banyak variasi yang Anda gunakan, semakin spesifik tentang aplikasi, penggunaan alat, waktu pengeringan, dan banyak lagi. Prioritaskan keselamatan Anda dengan membaca instruksi, mengenakan alat pelindung yang diperlukan, dan bekerja di place dengan ventilasi yang baik setiap kali menggunakan produk berbasis minyak atau apa pun yang menghasilkan polutan udara.

Selalu cari solusi yang lebih aman

Banyak orang menggunakan pisau utilitas untuk memotong veneer. Ini bisa sangat berbahaya. Namun, ambil hati, ada cara yang lebih baik. Saat memotong veneer, pertimbangkan untuk menggunakan alat potong putar. Alat-alat murah ini dapat dibeli di toko kain lokal Anda. Alat potong putar memungkinkan Anda untuk memotong veneer ke ukuran yang sempurna.

Ketahui trik memotong kayu untuk meminimalisir resiko

Jika Anda menAndai potongan yang Anda inginkan dengan garis pensil, cobalah untuk tidak memotongnya! Anda mungkin sudah antre pada awalnya, tetapi ada kemungkinan untuk mendapatkan sedikit potongan di kemudian hari, menghasilkan potongan yang kurang pas. Lebih baik memotong tepi garis pensil dan kemudian mengampelas sisa tAnda. Sebelum Anda melukis proyek kayu Anda, pastikan Anda telah mengampelasnya dengan benar. Mulailah dengan kertas pasir yang lebih kasar, kemudian secara bertahap berubah menjadi kertas yang lebih halus. Setelah pengamplasan, bersihkan proyek Anda dengan kain norak untuk mengambil sisa debu kayu. Setelah itu, karya Anda akan siap untuk dicat. Trik ini berguna baik untuk outdoor furniture maupun indoor furniture.

Jadikan kesalahan sebagai pembelajaran

Anda membuat kesalahan. Selalu ingat itu, tetapi jangan pernah mengatakannya. Anda telah membuat kesalahan di masa lalu, Anda akan membuatnya di masa depan. Selalu perlakukan mereka sebagai peluang belajar. Namun, jangan pernah menunjukkannya kepada orang lain atau membicarakannya. Orang lain mungkin tidak memperhatikan, atau bahkan peduli. Mereka mungkin terkesan bahwa Anda melakukan sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan.

Memanfaatkan bentuk kayu sebagai unsur keindahan alami

Satu hal yang perlu diingat dengan kayu adalah selalu memahkotai kayu Anda. Ini dilakukan dengan melihat ujung kayu Anda dan menemukan sisi yang tinggi. Selalu letakkan sisi atas, yang akan menciptakan garis lantai dan atap yang lebih seragam dan lebih mendukung untuk rumah Anda.

Lakukan perawatan terhadap peralatan

Selalu bersihkan dan pertajam alat-alat pertukangan Anda setelah Anda menggunakannya. Jika tidak, bahan dan serpihan yang tersisa pada alat Anda dapat menjadikan ini alat pemotong yang kurang efektif untuk proyek Anda berikutnya. Menjaga mereka tetap bersih juga akan memperpanjang umur alat Anda, menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

 

Selalu gunakan kacamata pelindung saat menggunakan segala jenis gergaji, dan pelindung telinga juga saat Anda menggunakan peralatan listrik. Keripik dan serbuk gergaji dapat menghancurkan penglihatan Anda jika bahkan sepotong kecil terbang ke mata Anda. membuat outdoor furniture merupakan hal yang hebat, tetapi penting untuk tetap aman saat Anda bekerja.

Sekarang setelah Anda selesai membaca artikel ini, Anda dapat melihat bahwa pertukangan kayu adalah hobi khusus. Jika Anda siap untuk memulai, menerapkan apa yang baru saja Anda pelajari adalah langkah pertama Anda. Terus belajar seiring kemajuan Anda!